Sabtu, 02 Juni 2012


YAYASAN MADRASAH ISLAMIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM KI AGENG PEKALONGAN
Jl. Raya Simpang Tiga Sedayu Wonopringgo Pekalongan, Telp. (0285) 4483692, Fax. (0285) 4483771
NIM : 3421010012 Mata Kuliah : Media Pembelajaran
Nama : Ahmad Romadhon Dosen : Rahmi Nuzulia, S.Ag., M.Pd.
Prodi : Manajemen Pendidikan Islam Ruang :
Kelas : TA.1 Tanggal : 30 April 2012
  1.   Nama Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Kelas : V (Lima) Semester 1
Mata Pelajaran : TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Standar Kompetensi : Mengoperasikan fasilitas yang disediakan dalam internet
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi surat elektronik dalam internet
Indikator : 1. Langkah-langkah membuka surat elektronik yang telah dibuat
  1. Mengidentifikasi menu yang ada pada surat elektronik
  2. Langkah-langkah menutup surat elektronik yang tepat
  3. Mendemonstrasikan fasilitas untuk memeriksa dan mengirim surat elektronik.
  1. Media Pembelajaran
  • Media Cetak (Buku, Modul)
  • Media Audio Visual (Komputer, Jaringan Internet, Speaker, Proyektor)
  1. a. * Media cetak
Media cetak merupakan suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan visual, media ini terdiri dari buku, gambar dll.
  • * Media Audio Visual
  • merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan dan keterampilan
b. Dengan menggunakan media cetak dan media audio visual diharapkan siswa dapat memahami materi surat elektronik dengan baik. Karena tanpa media tersebut mungkin siswa akan merasa sulit untuk memahami dan mempraktekannya. Bagaimana cara membuka, membuat dan menutup surat elektronik. Dalam mempelajari surat elektronik kita harus praktek didepan komputer tanpa praktek siswa akan merasa sulit untuk memahaminya.
  1. Langkah pembuatan media pembelajaran surat elektronik
  • Menentukan surat elektronik yang akan kita pelajari, dalam hal ini saya mengambil surat elektronik dengan yahoo
  • Menyiapkan gambar simbol/icon yang menggambarkan fungsi masing-masing simbol/icon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar