Rabu, 06 Juni 2012


NIM                      : 34.2.1.01.10.009                     
Nama                     : Uli Taslikhati M
Prodi                     : Tarbiyah MPI
Kelas                     : T1.A
Mata kuliah           : Media Penbelajaran
Dosen                    : Rahmi Nuzulia S.Ag. MPD


  1. Jenjang                        : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : 1 / Ganjil
Standar Kompetensi   : Mendengarkan ”memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan”
Kompetensi Dasar       : Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Materi Pokok              : Dongeng
Indikator                     : Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri

  1. Media Pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi media pembelajaran di atas adalah:
·          Media Audio-Visual
·          Media Cetak
  1. Media Audio-Visual adalah media yang cara menghasilkan atau menyampaikan materinya dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik (suara dan gambar).
Contoh: guru menggunakan VCD, kaset CD

Media cetak adalah media yang cara menghasilkan atau menyampaikan materinya melalui percetakan mekanis atau fotografis.
Contoh: guru menggunakan buku cerita,buku cetak dll
  Alasan menggunakan media audio-visual
karena dengan menggunakan media tersebut anak-anak tidak hanya mendengarkan guru bercerita tetapi anak-anak juga dapat gambar-gambar yang didongengkan guru dengan begitu anak-anak seakan-akan masuk dalam cerita tersebut sehingga anak-anak tidak merasa bosan.
Alasan menggunakan Media cetak
Karena dengan media cetak anak-anak diajarkan untuk belajar membaca agar nanti sewaktu-waktu anak-anak di beri tugas untuk membaca anak-anak sudah bisa membaca.
Bukti-bukti kongrit
·          Siswa kelas 1 SD biasanya lebih senang guru bercerita sambil melihat gambar-gambar yang diceritakan oleh guru dari pada hanya mendengarkan dengan menggunakan media audio-visual seperti CD diharapkan anak-anak dapat memperhatikan guru.
·          Tidak hanya media audio-visual saja media cetak juga sangat membantu guru dalam memberikan tugas-tugas terhadap siswa, dengan media cetak siswa diharapkan agar mengulang kembali apa yang diceritakan oleh guru dengan menggunakan buku yang diberikan oleh guru.
4. langkah-langkah pembuatan media pembelajaran menggunakan media cetak.
·          Guru menyediakan buku pedoman yang dipakai dan mengajari cara membaca, bukan hanya cara membaca tetapi guru juga menerangkan apa yang ada di buku tersebut.
         Langkah-langkah menggunakan media audio visual
·          Guru menyediakan  CD dongeng yang akan diceritakan terhadap siswa-siswa dan menggunakan media VCD sebagai perantara nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar