Senin, 04 Juni 2012

m asykari


Nim                 : 34.2.1.0.10.024
Nama               : M. Asykari
Kelas               : T1. A
Makul              : Media Pembelajaran
Dosen              : Rahmi Nuzulia, S. Ag M. Pd

1.      Satuan pendidikan                  : Mts S Simbang Kulon II
Kelas                                       : VII
Semester                                  : I
Mata pelajaran                         : al-Quran Hadis
Standar kompetensi                : Memahami al-Quran dan al-Hadis sebagai pedoman hidup
Kompetensi dasar                   : Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis
Materi pembelajaran                :
o   Pengertian al-Quran 
o   Fungsi al-Quran dan Hadis
o   Perbedaan fungsi al-Quran dan Hadis
o   Sikap untuk menjadikan al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup
Kegiatan pembelajaran            :
§  Membaca dan mencari
§  Mendiskusikan fungsi al-Quran dan Hadis
Indikator                                 :
·         Menjelaskan pengertian al-Quran
·         Menjelaskan fungsi al-Quran
·         Menjelaskan pengertian Hadis
·         Menjelaskan fungsi hadis
·         Membedakan fungsi al-Quran dan Hadis
·         Memilih sikap untuk menjadikan al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup


2.      Media pembelajaran                : Media yang sesuai dengan kompetensi materi pelajaran, agar tercapai tujuan pembelajarannya  adalah
a.       Cetak
b.      Audio
c.       Audiovisual 

3.      A. Pengertian media yang digunakan
*      Media cetak adalah media yang menggunakan buku paket atau bahan buku tambahan yang sesuai dengan kompetensi materi pembelajaran
*      Audio adalah media pembelajaran dengan suara kaset atau radio atau lainnya.
*      Audiovisual adalah media pembelajaran menggunakan gambar dan suara dan disertai buku.

B.  Alasan-alasan
v  Media cetak sangat sesuai dengan materi karena dengan menggunakan buku bacaan anak-anak bisa membaca berkali-kali sehingga hafal, faham, atau bisa mengevaluasi materi yang kurang faham.
v  Karena dengan media audio anak-anak dapat mendengarkan dari kaset atau radio sehingga ana tersebut bisa membaca al-Quran dengan menirukan bacaan lewat suara kaset tersebut.
v  Audiovisual cetak dengan media anak bisa melihat dan musyafahah (gerakan mulut dan bibir) lewat media tersebut, sehingga anak-anak bisa mempraktekkan cara membaca al-Quran sesuai dengan gerakan mulut dan bibir yang dilihat melalui CD.

4.      Langkah-langkah pembuatan media pembelajaran
Ø  Mohon disediakan dari madrasah.
Ø  Membeli buku penunjang dari took buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar