Kamis, 14 Juni 2012


Nama      : Fatin Khamamah
NIM       : 3421010055
Prodi      : Manajemen Pendidikan Islam
Kelas               : TA. A
Mata Kuliah    : Media Pembelajaran
Dosen              : Rahmi Nuzulia, S.Ag., M.Pd.


1.      Sekolah                       : SD Islam YMI Wonopringgo 02
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas                           : IV (Empat)
Semester                      : Genap
SK                               : Membaca surat-surat pendek
KD                              : Membaca Q. S. Al Kautsar  dengan lancer
Indikator                     :
Ø  Membaca Q. S. Al Kautsar ayat demi ayat dengan benar
Ø  Membaca Q. S. Al Kautsar keseluruhan ayat dengan benar
Ø  Mendemonstrasikan bacaan Q. S. Al Kautsar dengan benar.

2.      Media pembelajaran yang sesuai adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS) atau CD pembelajaran yang memuat kompetensi terseebut.

3.      Pengertian LKS dan CD pembelajaran:
a.       Lembar kegiatan siswa (student worksheet) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik.  Lembar kegiatan biasanya berupa petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas.  Suatu tugas yang diperintahkan dalam lembar kegiatan harus jelas KD yang akan dicapainya.  Lembar kegiatan dapat digunakan untuk mata pembelajaran apa saja.  Tugas-tugas sebuah lembar kegiatan tidak akan dapat dikerjakan oleh peserta didik secara baik apabila tidak dilengkapi dengan buku lain atau referensi lain yang terkait dengan materi tugasnya.   Tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik dapat berupa  teoritis dan atau tugas-tugas praktis.   Tugas teoritis misalnya tugas membaca sebuah artikel tertentu, kemudian membuat resume untuk dipresentasikan.  Sedangkan tugas praktis dapat berupa kerja laboratorium atau kerja lapangan, misalnya survey tentang harga cabe dalam kurun waktu tertentu di suatu tempat.  Keuntungan adanya lembar kegiatan adalah bagi guru, memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran, bagi siswa akan belajar secara mandiri dan belajar memahami dan menjalankan suatu tugas tertulis. 
Dalam menyiapkannya guru harus cermat dan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, karena sebuah lembar kerja harus memenuhi paling tidak kriteria yang berkaitan dengan tercapai/ tidaknya sebuah KD dikuasai oleh peserta didik.
Lembar kegiatan siswa akan memuat paling tidak; judul, KD yang akan dicapai, waktu penyelesaian, peralatan/bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas, informasi singkat, langkah kerja, tugas yang harus dilakukan, dan laporan yang harus dikerjakan.
CD pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangan mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik menerima materi pembelajaran secara lebih mudah dan menarik. Secara fisik CD pembelajaran merupakan program pembelajaran yang dikemas dalam CD.
b.      Alasan penggunaan media pembelajaran tersebut adalah:
1)      Dapat digunakan sebagai alternatif guru untuk mengarahkan pengajaran atau memperkenalkan suatu kegiatan tertentu.
2)      Dapat mempercepat proses belajar mengajar dan hemat waktu mengajar.
3)      Dapat mengoptimalkan alat bantu pengajaran yang terbatas karena siswa dapat menggunakan alat bantu secara bergantian.
4)      Melatih siswa berfikir lebih mantap dalam kegiatan belajar mengajar.
5)      Memperbaiki minat siswa untuk belajar, misalnya guru membuat LKS/CD pembelajaran lebih sistematis, berwarna serta bergambar untuk menarik perhatian dalam mempelajari LKS/CD pembelajaran tersebut.

4.      Langkah pembuatan media pembelajaran tersebut adalah:
a.       Melakukan analisis kurikulum; standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan materi pembelajaran.
b.      Menyusun peta kebutuhan LKS/CD pembelajaran
c.       Menentukan judul LKS/CD pembelajaran
d.      Menulis/membuat LKS/CD pembelajaran
e.       Menentukan alat penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar