Kamis, 07 Juni 2012

Tugas Media Pembelajaran ( Laila M ) T1A



 

Nama    : Laila Mukaromah
Nim        : 34.2.1.010.011
Kelas     : T1A
Makul    : Media Pembelajaran

 

1.  Menuliskan Kompetensi
a.       Jenjang                        : Sekolah Menengah
b.      Kelas                          : VIII
c.       Semester                     : 1
d.      Mata Pelajaran            : Al Qur’an Hadits
e.   Standar Kompetensi    :
v     Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang ketentuan rizki dari Allah
f.   Kompetensi Dasar
v     Memahami isi kandungan QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah.
       g.   Indikator :
v     Menerjemahkan QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh
v     Memilih ayat-ayat dalam QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
v     Menjelaskan isi kandungan QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah.
2.          Media Pembelajaran apakah yang sesuai dengan Kompetensi Materi Pelajaran yang sudah anda tentukan agar tercapai tujuan pembelajaran ?
a.           Media Cetak
Yaitu bisa melalui :
v   Buku Cetak Al- Qur’an Hadits Kelas VIII
v     Al-Qur’an
Dengan menggunakan Media Cetak maka siswa dapat melihat QS. Al-Quraisy dan Al-Insyiroh sehingga siswa dapat :
1.      Menerjemahkan QS. Al-Quraisy dan Al-Insyiroh
2.      Mencari ayat-ayat dalam QS. Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizqi dari Allah
3.      Menjelaskan isi kandungan QS. Quraisy dan Al Insyiroh

3.          Mengapa Media Pembelajaran tersebut sesuai untuk kompetensi yang sudah anda tentukan ?
a.           Jelaskan Pengertiannya ?
Media Cetak adalah media dengan menggunakan buku-buku cetak dan materi Visual statis terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fotografis.
b.          Alasan serta bukti-bukti konkrit
Dengan menggunakan Media Cetak misalnya melalui :
v   Buku Cetak Al- Qur’an Hadits Kelas VIII
v     Al-Qur’an
Dengan menggunakan Media Cetak maka siswa dapat melihat QS. Al-Quraisy dan Al-Insyiroh sehingga siswa dapat :
1.          Menerjemahkan QS. Al-Quraisy dan Al-Insyiroh
2.          Mencari ayat-ayat dalam QS. Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizqi dari Allah
3.          Menjelaskan isi kandungan QS. Quraisy dan Al Insyiroh
Dari bukti-bukti diatas maka dapat disimpulkan :
Dengan menggunakan Media Cetak menurut saya sesuai untuk Kompetensi ( Memahami isi kandungan QS Al Insyiroh dan QS Al Quraisy tentang ketentuan rizqi dari Allah ) agar tercapai tujuan pembelajaran yaitu :
1.      Menerjemahkan QS. Al-Quraisy dan Al-Insyiroh
2.      Mencari ayat-ayat dalam QS. Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizqi dari Allah
3.      Menjelaskan isi kandungan QS. Quraisy dan Al Insyiroh


4.          Langkah Pembuatan Media Pembelajaran
Media Pembelajaran
( Media Cetak )

v     Seorang guru tidak perlu membuat Media Cetak sendiri karena dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits sudah ada buku cetak, Al-Qur’an atau buku-buku  penunjang lain. Seorang guru dalam pembelajaran nya tinggal mempersiapkan buku cetak, Al-Qur’an dan buku penunjang lainnya agar siswa dapat meminjam dan mempelajarinya sehingga tujuan pembelajarannya dapat tercapai sesuai dengan indikatornya.Karena dengan menggunakan media cetak dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits ini sesuai dengan kompetensinya yaitu Memahami isi kandungan QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah.
                         Dan  Indikator :
v     Menerjemahkan QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh
v     Memilih ayat-ayat dalam QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
v     Menjelaskan isi kandungan QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah.

Dalam pembelajaran Qur’an Hadits ini aslinya banyak media yang bisa digunakan yaitu
v     Media Audio Visual
v     Media Proyektor
Menurut saya lebih efektif menggunakan media cetak dalam pembelajaran Qur’an Hadits karena dengan menggunakan media cetak ( buku cetak, Al-Qur’an atau buku-buku  penunjang lain) siswa lebih kreatif dalam mencari ayat-ayat Al-Qur’an dan terjemahannya.




Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar