Senin, 18 Juni 2012

kelastb1


NIM  : 34.2.1.0.10.117                        Mata Kuliah  : Media Pembelajaran
Nama : Elok Ulumiyah                          Dosen          : Rahmi Nuzulia
Prodi  : Tarbiyah (M.P.I)                     Tugas          : Perbaikan UTS
Kelas  : T1.b
1.      Mata Pelajaran            : Seni Budaya dan Kerajinan (SBK)
Kelas                           : Satu (1)
Semester                      : Satu (I)
Tema                           : Pengalaman
Satuan Pendidikan      : Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Standar Kompetensi   : Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar       : -5.1 Menidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
                                      -5.2 menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
Materi Pokok              : Unsur-unsur gerak tari bersumber dari hewan, tumbuhan dan bunyi iringan tari (musik)
Indikator                     :*memperagakan gerakan menggelengkan kepala, menggoyangkan                                         pinggang, menggerakkan tangan, menggerakkan kaki seperti                                                            melompat, melenggang dan melangkah.
* memperagakan gerakan-gerakan tiruan seperti meniru hewan (kupu- kupu atau burung terbang, kelinci dan katak melompat) dan tumbuhan (bunga/pohon/daun yang bergoyang tertiup angin, bunga yang sedang mekar dan yang masih berkuncup).

Alokasi Waktu            : 6 x 35 menit

2.    Media Pembelajaran     : Media cetak (Buku), Belajar Mandiri, Media elektronik (Audio Visual).
3.      Pengertian                   :
v  Media cetak dalam hal ini adalah buku pelajaran membaca untuk mencari ilmu pengetahuan bagi anak sekolah yang disertai gambar suatu tiruan barang (orang, binatang, tumbuhan dsb) yang dibuat dengan coretan pensil atau yang lainnya pada kertas dan sebagainya.
v  Belajar Mandiri (Pengalaman diri sendiri) yaitu Kegiatan mengolah pengalaman dan atau praktik dengan cara mendengar, membaca, menulis, mendiskusikan, merefleksi rangsangan, dan memecahkan masalah.saling memberitahukan pengalaman sehingga yang satu dapat memetik manfaat dari pengalaman yang lain.
v  Media Elektronik adalah sarana media massa yang disiarkan dengan menggunakan peralatan film (film, proyektor, layar) alat penghubung yang berupa film, yang mana didalamnya terdapat unsur pembelajaran mempunyai sifat sebagai alat peraga yang  dapat di dengar /(audio) dan dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata) atau Visual.

Contoh                                    :
Ø  Buku; Saya ingin terampil dan kreatif (SD kelas 1; penerbit Grafindo)
Ø  Peserta didik diajak untuk mengamati di lingkungan sekitar sekolah atau rumah melihat seperti apa hewan kupu-kupu itu terbang menggunakan kedua sayap dan burung pun terbang dengan menggunakan sayap jika direalisasikan (praktek) pada  manusia maka kedua tangan akan direntangkan. Jika mengamati pohon yang terdiri dari batang, daun, bunga, dan buah ketika tertiup angin maka dipraktekkan dengan meliukkan anggota badan ke kanan dan ke kiri.
Ø  Peserta didik diperlihatkan gambar hewan-hewan dan tumbuhan dengan iringan lagu lewat CD menggunakan layar televisi. Dimana gambar hewan dan tumbuhan  dapat bergerak untuk dijadikan unsure gerak tari yang bersumber dari macam-macam hewan dan tumbuhan.
4.      Tentukan Langkah-langkah pembuatan media pembelajaran pada mata pelajaran SBK.
Dengan melihat materi pokok yaitu media bersumber pada lingkungan sekitar seperti pada hewan, tumbuhan dan bunyi-bunyian, maka seni tari pada tahap pemula masih dengan lagu yang dinyanyikan bersama kemudian peserta didik bergerak (menggerakkan anggota badan) sesuai dengan apa yang dinyanyikan.
Missal; lagu kelinci “kelinci melompat kekanan dan kekiri, kelinci melmpat kesana dan kemari”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar