Senin, 04 Juni 2012

Jauharotur Rohmah


Nama               :  Jauharotur Rokhmah
Nim                 : 34.2.1.0.10.036
Kelas               : T1.A
mata kuliah      : media pembelajaran
dosen               : Rahmi Nuzulia,S.Ag.,M.Pd
1.      Jenjang: sekolah dasar
Kelas: 1 (satu)
Semester: 2 (dua)
Mata pelajaran: bahasa inggris
Tema: hewan
Standar kompetensi    : kemampuan mengucapkan dengan benar kata atau       frase sederhana yang telah diajarkan
Kompetensi dasar       : mengucapkan kata atau frasa atau kalimat pendek dan sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar
Indikator                     : menirukan kata atau frase pendek tentang hewan

2.      Media yang digunakan adalah sebagai berikut:
·         Media cetak, yaitu dengan menggunakan buku panduan
·         Media audio, yaitu dengan menggunakan kaset
·         Media audio visual, yaitu dengan menggunakan VCD
·         Media verbal, yaitu dengan menjelaskan isi dari buku panduan
3.      Media cetak adalah media yang cara penyampaian materi melalui proses percetakan seperti buku panduan. Dengan media ini siswa dapat membaca kata atau frasa tentang nama hewan sebagai bahan belajar di sekolah maupun di rumah.
Media audio adalah media yang cara penyampaian materi melalui suara. Guru menyajikan sebuah kaset yang berisi suara hewan dengan maksud untuk memancing siswa supaya melafalkan kata atau frasa hewan yang sudah dipelajari dan untuk mengetahui tingkat menghafal siswa tersebut.
Media audio visual: media yang cara menyampaikan materi dengan mesin elektronik yang berupa suara dan gambar seperti VCD. Di dalam VCD ini disajikan lagu-lagu tentang hewan beserta gambar dan lafal nama hewan tersebut untuk menarik siswa agar belajar secara bersama-bersama.
Media verbal adalah media yang cara penyampaian materi dengan menggunakan lisan, untuk memperjelas isi dari buku panduan.
       Alasan-alasan menggunakan media tersebut adalah
·         Dengan media cetak siswa dapat belajar membaca kata atau frasa nama hewan baik di sekolah maupun di rumah, untuk membantu guru dalam menyampaikan materi yang akan di ajarkan dan melatih siswa untuk gemar membaca.
·         Media audio digunakan sebagai daya tarik siswa untuk melafalkan nama hewan yang sudah mereka pelajari agar ketika siswa mendengar suara hewan secara spontan  dapat melafalkannya.
·         Dengan media audio visual siswa dapat malihat mapun mendengar  secara langsung gambar hewan, tulisan, serta ucapan kata atau frase nama hewan tersebut dan dengan media ini daya ingat siswa akan lebih tinggi.
·         Media verbal digunakan untuk memperjelas isi dari buku panduan agar siswa dapat mengucapkan lafal dan intonasi dengan benar.
4.      Langkah-langkah dalam pembuatan media pemdelajaran tersebut adalah sebagai berikut:
·         Media cetak dengan menggunakan buku panduan yang dirancang dengan warna-warna yang cerah dan bervariasi, didalamnya berisi gambar-gambar hewan, dibawahnya ditulis nama dari hewan tersebut (bahasa inggris dan bahasa Indonesia) dan cara ejaannya.
·         Media audio dengan menggunakan kaset yang beisi suara-suara hewan yang akan dipelajari oleh siswa.
·         Media audio visual dengan menggunakan VCD yang berisi lagu nama-nama hewan disertai gambar dan tulisan nama hewan tersebut.
·         Media verbal, guru memberi penjelasan tentang isi dari buku pandun tersebut mulai dari tulisan, cara melafalkan, intonasi dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar