Selasa, 19 Juni 2012

Markus T1.A Tugas Revisi UTS


Tugas Makul : Media Pembelajaran

NIM    : 34.2.1.0.10.035                                 Mata Kuliah    : Media Pembelajaran
Nama  : Markus                                               Dosen             : Rahmi Nuzulia, S.Ag,M.Pd.I
Prodi   : Manajemen Pendidikan Islam
Kelas   : T1.A

Tentukan Kompetensi Materi pelajaran :

Sekolah                       : SMP NU Pekalongan
Kelas                          : VIII ( delapan )
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Semester                     : 1 ( satu )

Standar Kompetensi   :
-         Memahami permasalahan Sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
-         Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya.
Kompetensi Dasar      :
-         Mendeskripsikan Kondisi fisik wilayah dan Penduduk
Indikator                    :
-         Menunjukkan Letak geografis ( Posisi Geografis, letak geografis ) Indonesia.
-         Menganalisa Hubungan posisi geografis dengan Perubahan Musim di Indonesia.
-         Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk                               ( Kelahiran dan kematian )


2. Media pembelajaran agar tercapai tujuan Pembelajaran
1.         Media Instruksional
1.                   Buku-buku
1.1.1.      Buku pelajaran IPS
1.1.2.      Peta Dunia
1.1.3.      Peta pembagian Wilayah waktu di Indonesia
1.1.4.      Peta Persebaran Penduduk Indonesia
1.1.5.      LKS

2.         Secara menyeluruh pola media pembelajaran terdiri atas :
a.       Bahan-bahan Cetakan atau bacaan ( Suplementari materials )
b.      Alat-alat Audio –Visual
(1)   Media tanpa Proyeksi, seperti : Papan tulis, papan tempel bagan, diagram, poster,karton, gambar, dll.
(2)   Media Pembelajaran Tiga dimensi
(3)   Media pembelajaran yang menggunakan teknik atau masinal al : Slide, film strip, OHP, Rekaman radio, televisi, laboratorium, komputer.
3.      Dalam menjelaskan materi sesuai dengan kompetensi yang ditentukan  media yang harus disediakan al:
1.         Adanya buku-buku paket
2.         Pengertian media-media yang digunakan adalah al:
a.       Peta; dapat diartikan sebagai gambaran sebagian atau seluruh wilayah permukaan bumi dengan berbagai penampakanya pada suatu bidang datar yang diperkecil menggunakan skala tertentu ( Gunawan,2003)
b.      Atlas pendidikan; yang dapat member gambaran yang jelas dan mudah diingat tentang pola persebaran fenomena geografi fisik dan geografi manusia.
c.       Globe ; adalah Gambaran bumi secara keseluruhan yang paling benar dan merupakan suatu cara yang paling baik untuk memberikan gambaran dari konsep bumi bulat.
d.      Media Presentasi; adalah : Pesan atau materi yang di kemas dalam sebuah program komputer yang di hubungkan dengan perangkat proyektor.
1.1.Kriteria pemilihan media pembelajaran harus diupayakan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan sifat-sifat khas (karakteristik) yangbersangkutan.
Yang paling utama adalah: media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin di capai.

4.      Tentukan lagkah-langkah pembuatan media pembelajaran
-          Tentukan sesuai dengan materi yang akan disampaikan
-          Siapkan materi yang sesuai dengan tujuan yang telah di rumuskan.
-          Tulis materi dalam kalimat yang singkat dan hanya memuat poin-poinnya saja.
-          Tuangkan pesan-pasan yang di sampaikan dalam berbagai format seperti; teks, gambar, animasi, atau audio visual.
-          Materi di tulis jelas, lengkap, mudah di fahami oleh sasaran.

Sajikan materi secara urut, utuh, dan sistematis agar mempermudah penyajian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar