Mata
kuliyah : Media Pembelajaran
Dosen : Rahmi Nuzulia.S,Ag.M,Pd
Dosen : Rahmi Nuzulia.S,Ag.M,Pd
Nama : HASAN Kelas : T. I . A
NIM : 34.2.1.0,10.023 Prodi : MPI/Tarbiyah
1.
Kompetensi materi pelajaran yang diajarkan
Mata pelajaran : Alqur’an – hadits
Kelas : VIII
MTs
Semester : ganjil
SK : Membaca
Alqur’an surat surat pendek pilihan
KD
: Menerapkan hukum bacaan mad lain , mad aridl lissukun dalam surat al kautsar dan surat al maun
Materi :
Hukum bacaan mad lain dan mad aridl
lissukun
Indicator -Menjelaskan
hukum bacaan mad lain dan mad aridl lissukun
-Mengidentifikasi
mad lain dan mad aridl lissukun
-Mengaplikasikan
bacaan mad lain dan mad aridl lissukun
2.
Media yang sesuai yang digunakan untuk materi
ini
-
Media cetak :
Visual gambar
-
Media elektronik :
Audio, visual, audio visual
-
Suara manusia
3.
Pengertian
dari media tersebut dan apa
alasan media itu digunakan
Pengertian
Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat
dengan menggunakan indra penglihatan , biasanya berupa gambar diam, sedangkan
pada jenis media elektronik bisa dibuat diam dan bisa dibuat gambar bergerak .
Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam
bentuk suara dimana suara tersebut dapat merangsang fikiran , perasaan ,
perhatian, dan kemauan peserta didik untuk mempelajari bahan ajar.Pada media
audio ini hanya dapat dihasilkan dalam jenis media elektronik misalnya radio ,
radio kaset, VCD dan sebagainya.
Sedangkan Media audio visual adalah media yang
merupakan gabungan /kombinasi dari media audio dan media visual. Contoh media
ini televise pendidikan, program slide
suara .
Suara manusia merupakan bentuk media pembelajaran yang
selalu dan pasti digunakan oleh seorang
pendidik dalam berbagai kegiatan
pembelajaran setiap hari
Adapun alas an mengapa media media tersebut digunakan adalah:
Utuk menyampaikan materi bacaan Mad aridl lissukun dan Mad lain ,peserta didik harus mendengar
langsung contoh ucapan atau suara lafadz
– lafadz bacaan mad aridl lissukun dan
mad lain dalam al qur’an , baik dari suara asli dari pendidik (suara manusia
yang menjadi sumber belajar ) atau suara
yang di kemas dalam media audio
Di saat yang lain pendidik hanya menampilkan contoh tulisan dari
lafadz lafadz tersebut dalam bentuk diam tanpa ada suara .Seorang pendidik mengajak peserta
didik untuk melafadzkan tulisan tulisan yang ada secara bersama maupun secara
individu.
Untuk melengkapi metode pembelajaran ini maka ditampilkan
media audio visual yang merupakan kombinasi dari 2 media tsb. Sehingga anak
didik dapat memahami dan mempraktekkan bacaan mad aridl lissukun dan mad lain
baik secara tulisan maupun cara membacanya lewat suara.
4.
Langkah – langkah pembuatan media pembelajaran
tersebut adalah :
a. Menyiapkan
materi pelajaran yang akan dibahas yaitu
tentang bacaan mad aridl lissukun dan mad lain lengkap dengan metode yang akan
dipakai dan juga media yang diperlukan
untuk materi tersebut.
b. Menyiapkan
contoh contoh lafadz bacaan mad aridl lissukun dan mad lain yang diambil dari
al qur’an sebanyak banyaknya.
c. Contoh
contoh lafadz tersebut ditulis dalanm computer dan dimasukkan pada power poin untuk dapat ditampilkan hanya dalam bentuk
gambar diam ,dan seorang gurunya akan melafadzkan bacaan bacaan tersebut
langsung dari mulut guru, dan peserta didik disuruh menirukan .
d. Pada
slide yang lain dimunculkan ulang tapi
sudah disertai dengan isi suara , sehingga peserta didik dapat melihat sekligus
bisa mendengar bacaan mad aridl lissukun dan mad lain secara pas dan benardan
bisa mencocokkan bacaan miliknya sendiri.
e. Langkah
langkah dalam persiapan ini harus dicoba dirumah sendiri untuk memastikan tidak
ada kekurangan lagi ,juga untuk menyiapkan peralatan yang diperlukan berkaitan
mesin elektroniknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar