SEKOLAH TINGGI KI AGENG PEKALONGAN Alamat : Jl. Simpang Tiga Sedayu Wonopringgo Pekalongan
Rabu, 09 Mei 2012
YAYASAN MADRASAH ISLAMIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM KI AGENG PEKALONGAN
Jl. Raya Simpang Tiga Sedayu Wonopringgo Pekalongan Telp. (0285) 4483692
NIM : 34.2.1.0.10.038 Mata kuliah : Media Pembelajaran
Nama : A B R O R Dosen : Rahmi Nuzulia, M.Ag.
Prodi : Taebiyah/MPI Ruang : -
Kelas : T.1 A Tanggal : 30 April 2012-05-01
1. Penentuan Kompetensi Materi Pembelajaran
Sekolah : SMP
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VII
Semester : 2
Standar kompetensi : Menulis sastra
Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
Kompetensi dasar : Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam.
Indikator : 1. mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam
2. mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
3. mampu menyunting puisi yang ditulis sendiri
2. Media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi materi pembelajaran tersebut ( nomor 1 ) di atas adalah
a. cetak ( seperti buku, Koran, majalah )
b. visual ( seperti gambar-gambar )
3. Media pembelajaran tersebut sesuai untuk kompetensi trsebut dengan penjelasan sebagai berikut
a. Media pembelajaran cetak adalah segala alat atau media pembelajaran yang proses pembuatannya dengan cara dicetak seperti buku, Koran atau majalah.
Media pembelajaran visual adalah semua media pembelajaran yang dapat dilihat dalam kegiatan proses belajar mengajar, misalnya gambar-gambar
b. Alasan dan bukti kongrit bahwa media pembelajaran tersebut sesuai degan kompetensi materi pembelajaran yang telah saya tentukan di atas ( jawaban soal nomor 1) yaitu media pembelajaran tersebut baik secara teoritis maupun praktis di lapangan media tersebut telah sesuai dam memenuhi persyaratan layaknya sebuah media pembelajaran, yaitu bahwa media tersebut mudah dilihat, menarik, sederhana, memberi manfaat, benar ( dapat dipertanggungjawabkan ) masuk akal, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
4. Langkah pembuatan media pembelajaran
a. identifikasi metode pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang akan digunakan
b. pilih dan tentukan media pembelajaran yang dianggap sesuai dengan kompetensi materi pembelajaran
c. merancang model, bentuk, media pembelajaran yang akan digunakan dalam hal ini media cetak dan visual
d. memberi warna dan sebagainya untuk media visual yang berbentuk gambar
e. memastikan bahwa media pembelajaran tersebut sesuai dengan kompetensi materi pelajaran yang akan disampaikan
f. media pembelajaran yang sudah jadi, siap untuk digunakan dalam menunjang proses belajar mengajar.20000000000000000000000000000
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar