NAMA : MAGHFIROH
NIM : 34.2.1.0.10.070
PRODI : MPI
TARBIYAH
KELAS : TA.1
MAKUL : MEDIA PEMBELAJARAN
DOSEN : RAHMI NUZULIA, S.Ag.M.Pd 1.
1.
Nama
madrasah : MI YMI Wonopringgo 03
Mata pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/semester : III/I
kompetensi dasar:
menceritakan kondisi alam sosial dan perekonomian
masyarakat arab
pra-islam
indikator :
Ø Menceritakan kondisi alam sosial dan perekonomian
masyarakat arab pra-islam
Ø Menjelaskan keadaan adat istiadat dan kepercayaan
masyarakat arab
pra-islam
Ø Mengambil hikmah dari sejarah masyarakat arab pra-islam
2.
Agar
terapai tujuan pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam maka
media pembelajaran yang digunakan adalah melelui
media cetak dan
media audio visual.
3.
a)
Media cetak yang digunakan adalah berupa buku
teks bacaan yang diberikan kepada siswa agar siswa dapat membacanya, sehingga siswa diharapkan dapat menceritakan kembali apa yang dibacanya, sebagai tolak ukur tingkat pemahaman siswa tersebut.
Sedangkan
media audio visual yang digunakan
adalah berupa penayangan
gambar atau vidio tentang kondisi alam sosial dan perekonomian masyarakat arab pra-islam melalui
proyektor.
b)
Alasan
digunakanya media cetak dan audio visual sebagai
media pembelajaran mata pelajaran sejarah kebudayaan islam adalah karena mata
pelajaran sejarah kebudayaan islam biasanya diajarkan
melalui metode bercerita yang disertai dengan tanya jawab dan pada umumnya anak-anak akan
lebih cepat memahami dan mudah mengingat sesuatu yang berupa gambar atau
tayangan yang menarik. Oleh karena itu,
dengan banyak membaca dari buku teks bacaan dan melihat tayangan gambar atau vidio tentang kondisi alam sosial dan perekonomian
masyarakat arab
pra-islam melalui
proyektor, terbukti siswa lebih mudah memahami pelajaran, dapat menceritakan
kembali dan dapat menjawab pertanyaan.
4.
Langkah-langkah yang harus
dilakukan adalah dengan memilih buku teks bacaan dari berbagai penerbit yang
sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang ada untuk dibagikan kepada
siswa, dan kemudian siswa diminta untuk membacanya dirumah, lalu dilkukan pula
pencarian vidio atau gambar-gambar tentang kondisi
alam sosial dan perekonomian masyarakat arab
pra-islam yang kemudian di tayangkan
melalui proyektor dikelas, setelah itu siswa diminta untuk menceritakan kembali
di depan kelas secara bergantian disertai tanya jawab dari guru dan murid
tersebut, jika murid tersebut dapat bercerita dan menjawab pertanyaan dengan
baik berarti siswa telah dapat memahami pelajaran dan lulus uji kompetensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar