NIM :
34.2.1.0.10.065 Mata
Kuliah : Media Pembelajaran
Nama : SYAKIROH Dosen : Rahmi Nuzulia, S.Ag., M.Pd
Prodi : Tarbiyah Ruang : T1.A
Kelas : T1.A Tanggal : 30 April 2012
1.
Madrasah Tsanawiyah
Kelas/Semester : VII/II
Mata Pelajaran : IPA
Standar Kompetensi : Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : melaksanakan
pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi
gejala alam biotic dan abiotik
Indicator : -
Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan
-
Membandingkan gejala alam
kebendaan dan kejadian pada objek biotic melalui pengamatan.
2.
Media yang digunakan:
·
Cetak
·
Visual
·
Alam terbuka (lingkungan)
·
Verbal
3.
A. Media cetak yaitu buku pelajaran mata pelajaran IPA Kelas VII
Media Visual yaitu ucapan yang berguna sebagai pengarahan
tentang pembelajaran tantang gejala alam biotic dan abiotik.
Media lingkungan yaitu media yang dapat diketahui secara
langsung dengan mengadakan observasi.
B. alasan penggunaan media
a)
Dengan media cetak, siswa
dapat memperoleh teori gejala alam biotic dan abiotik, sehingga jika siswa itu
lupa dapat dilihat kembali di media cetak.
b)
Media visual, siswa dapat
melihat gambar-gambar yang berhubungan dengan biotic dan abiotik.
c)
Media verbal, untuk
mengantarkan di dalam proses pembelajaran.
d)
Media lingkungan, agar
peserta didik lebih memahami dan lebih jelas.
4.
Langah-langkag memperoleh
media pembelajaran:
1)
Media cetak diperoleh dari
sekolah yang dipinjamkan siswa satu-satu
2)
Menggambar benda-benda mati
(abiotik) dan biotic (makhluk hidup)
3)
Alam terbuka/lingkungan
sudah tersedia di halaman sekolah. Siswa keluar kelas untuk observasi langsung
gejala-gejala yang ada pada biotic maupun abiotik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar