SEKOLAH TINGGI KI AGENG PEKALONGAN Alamat : Jl. Simpang Tiga Sedayu Wonopringgo Pekalongan
Jumat, 04 Mei 2012
NAMA : SA'ADAH
PRODI: MPI TARBIYAH
KELAS: T1.A
MAKUL: MEDIA PEMBELAJARAN
DOSEN: RAHMI NUZULIA, S.Ag.M.Pd
1. nama madrasah : MI YMI Wonopringgo 01
mata pelajaran: Fiqh
kelas/semester: V/I
standar kompetensi: Mengenal ketentuan makanan dan minuman halal dan haram
kompetensi dasar : 1. menjelaskan ketentuan makanan dan minuman halal dan haram
indikator : 1. menjelaskan pengertian makanan halal
2. mengidentifikasi jenis makanan halal
3. menjelaskan pengertian minuman halal
4. menjelaskan pengertian makanan haram
5. mengidentifikasi jenis makanan haram
6. menjelaskan pengertian minuman haram
7. mengidentifikasi jenis minuman haram
2. media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran fiqh adalah media cetak dan media visual.
3. a.) media cetak/teknologi cetak
alat/bahan untuk menyampaikan materi dengan menggunakan buku cetakan dan materi visual statis terutama melalui proses percetakan mekanis atau fotografis. adapun buku cetak yang dipakai dalam proses belajar mengajar di kelas V mata pelajaran fiqh adalah buku pelajaran fiqh kelas v cetakan Grafindo Udin Wahyudi.
media cetak : alat dan bahan untuk menyampaikan materi dengan menggunakan buku pelajaran atau sering disebut juga buku teks. dalam bentuk cetakan secara logis dan sistematis tentang suatu cabang ilmu pengetahuan atau bidang studi tertentu.
media cetak visual : alat dan bahan untuk menyampaikan materi yang dikemas dalam bentuk gambar. gambar melalui proses percetakan mekanis atau fotografis, misalnya : poster
b.) media cetak sebagai alat untuk meningkatkan kecakapan guru dalam mengorganisasi bahan pelajaran, alat mendorong murid memiliki tehnik belajar yang sesuai, sebagai alat pembelajaran individual dan sebagai pedoman guru dalam mengajar. adapun keuntungan dari media ini adalah ekonomis, komprehensif, sistematis, dan mengembangkan sikap mandiri dalam belajar. media pembelajaran visual, siswa akan memiliki interes yang tinggi ketika diperlihatkan gambar, grafik, grafis organisatoris dan ilustrasi visula lain
alasan memilih media cetak dan media visual:
1. sebagai alat pembelajaran individual
2. memotivasi siswa memilih teknik belajar yang sesuai
3. alat untuk meningkatkan kecakapan guru dalam mengorganisasi bahan pelajaran dan pedoman guru dalam mengajar
4. alat untuk meningkatkan perhatian dan pemahaman siswa terhadap materi yang sedang dijelaskan dengan ditampilkan gambar-gambar
5. ekonomis, komprehensif, sistematis, dan mengembangkan sikap mandiri dalam belajar
bukti konkrit dari penggunaan media cetak dan media visual:
a) siswa memperoleh hasil sesuai dengan kemampuannya
b) tercipta lingkungan belajar yang kondusif
c) memudahkan siswa mengingat materinya dengan melihat dan menyimak
4. langkah pembuatan media pembelajarannya:
a. sebelum menentukan media pembelajaran yang akan di gunakan dalam proses belajar mengajar berlangsung,maka guru harus terlebih dahulu menentukan metode pembelajaran dengan disesuaikan gaya belajar siswa, psikologis siswa dan intelektual siswa.
b. dengan melihat kemampuan belajar siswa, dengan media cetak guru menyuruh siswa untuk memiliki buku cetak mata pelajarannya sebagai pegangan belajar baik dirumah maupun dikelas.
c. disamping media cetak siswa hanya melihat tulisan dan mendengarkan belum mengetahui gambarnya secara langsung tentang bentuk-bentuk makanan dan minuman yang halal dan haram, sehingga dengan media visual yang ditunjukkan dengan gambar-gambar siswa dapat mengetahui secara langsung dan tidak dalam angan-anagan saja.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
wuedjan ah, ws ndisik i gawe tugas ge ow!!
BalasHapusq sg gawek e tgs ae rug kober ko nju>>>>.....
hehehe