YAYASAN
MADRASAH ISLAMIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM KI AGENG PEKALONGAN
Alamat:
Jalan Raya Simpang Tiga Sedayu Wonopringgo Pekalongan
51181 Telepon (0285)4483692
NIM : 34.2.1.0.10.068 Mata Kuliah : Media Pembelajaran
Nama : Amalia Rosyada Dosen : Rahmi Nuzulia,S.Ag. MP.d
Prodi : MPI Ruang : T1.A
Kelas : T1.A Tanggal : 06 juni 2012
Jawaban UTS mata
kuliah Media Pembelajaran
1.
Tentukan kompetensi materi pelajaran
Nama sekolah : SD Negeri 02 Jetak Kidul
Kelas : 3 Semester I
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Standar
Kompetensi : memehami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama disekitar rumah
dan sekolah
Kompetensi Dasar : 1.1 memelihara lingkungan alam dan buatan
disekitar rumah
1.2
melakukan kerjasama dilingkungan rumah, sekolah, dan
kelurahan/desa
Materi Pokok : - lingkungan alam
-
kerjasama
Indikator : - memberikan contoh memelihara lingkungan
dengan cara yang baik
-
mempraktekan cara memelihara lingkungan rumah
-
membuat gambar yang menunjukan kerjasama lingkungan
2.
Media pembelajaran yang sesuai kompetensi materi
pelajaran IPS kelas 3
-
Media cetak
-
Media elektronik
-
Media visual
3.
Media pembelajaran tersebut sesuai untuk kompetensi
materi pelajaran IPS.
a.
Pengertian media cetak :
media yang berupa buku-buku cetak paket IPS kelas III serta buku-buku paket
ensiklopedia mapel IPS satu seri.
Pengertian media elektronik : media pembelajaran dengan menggunakan alat elektronik berupa
komputer.
Pengertian media visual :
media yang bisa dilihat seperti gambar-gambar.
b.
Alasan serta bukti-bukti konkriknya
·
Media cetak digunakan pada mata pelajaran IPS kelas III
karena pada mata pelajaran ini membutuhkan buku-buku paket IPS dan Ensiklopedia
untuk menunjang proses pembelajaran. Bahwa dalam buku tersebut siswa dapat
membaca materi-materi.
·
Media elektronik digunakan pada mata pelajaran IPS kelas
III karena pada pelajaran ini siswa diperlihatkan gambar-gambar lingkungan alam
dan buatan dielektronik berupa komputer.
·
Dengan memakai media visual siswa dapat melihat gambarnya
yang dibuat sendiri
Selain itu bukti konkrit dengan menggunakan media cetak, media
elektronikdan visual yaitu siswa dapat memahami untuk memmelihara lingkungan
alam dan buatan disekitar rumah, sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
4.
Langkah-langkah pembuatan media pembelajaran siswa
membuat gambar yang menunjukan kerjasama dilingkungan sekolah :
·
Siswa diberi arahan / materi mengenai keadaan
dilingkungan sekolah.
·
Memperlihatkan gambar kerjasama di lingkungan sekolah.
·
Menyuruh untuk mempraktekan sendiri membuat gambar
kerjasama di lingkungan sekolah dengan menggunkan kertas manilla dengan di
bungkus supaya hasilnya dapat dipahami gambar-gambarnya.
·
Di nilai hasil dari pekerjaan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar