Nama : Laila
Mukaromah
Nim :
34.2.1.010.011
Kelas : T1A
Makul : Media Pembelajaran
1. Menuliskan Kompetensi
a.
Jenjang :
Sekolah Menengah
b.
Kelas :
VIII
c.
Semester :
1
d.
Mata Pelajaran :
Al Qur’an Hadits
e. Standar Kompetensi :
v
Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan
dalam kehidupan sehari-hari tentang ketentuan rizki dari Allah
f. Kompetensi Dasar
v
Memahami isi kandungan QS. Al Quraisy dan Al
Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah.
g.
Indikator :
v
Menerjemahkan QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh
v
Memilih ayat-ayat dalam QS. Al Quraisy dan Al
Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
v
Menjelaskan isi kandungan QS. Al Quraisy dan Al
Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah.
2.
Media Pembelajaran apakah yang sesuai dengan Kompetensi
Materi Pelajaran yang sudah anda tentukan agar tercapai tujuan pembelajaran ?
a.
Media Cetak
Yaitu bisa melalui :
v
Buku
Cetak Al- Qur’an Hadits Kelas VIII
v
Al-Qur’an
Dengan menggunakan Media Cetak maka siswa dapat melihat QS. Al-Quraisy
dan Al-Insyiroh sehingga siswa dapat :
1.
Menerjemahkan QS. Al-Quraisy dan Al-Insyiroh
2.
Mencari ayat-ayat dalam QS. Quraisy dan Al Insyiroh
tentang ketentuan rizqi dari Allah
3.
Menjelaskan isi kandungan QS. Quraisy dan Al Insyiroh
3.
Mengapa Media Pembelajaran tersebut sesuai untuk
kompetensi yang sudah anda tentukan ?
a.
Jelaskan Pengertiannya ?
Media Cetak adalah media dengan menggunakan buku-buku
cetak dan materi Visual statis terutama melalui proses pencetakan mekanis atau
fotografis.
b.
Alasan serta bukti-bukti konkrit
Dengan menggunakan Media Cetak misalnya melalui :
v
Buku
Cetak Al- Qur’an Hadits Kelas VIII
v
Al-Qur’an
Dengan menggunakan Media Cetak maka siswa dapat melihat QS. Al-Quraisy
dan Al-Insyiroh sehingga siswa dapat :
1.
Menerjemahkan QS. Al-Quraisy dan Al-Insyiroh
2.
Mencari ayat-ayat dalam QS. Quraisy dan Al Insyiroh
tentang ketentuan rizqi dari Allah
3.
Menjelaskan isi kandungan QS. Quraisy dan Al Insyiroh
Dari bukti-bukti diatas maka
dapat disimpulkan :
Dengan menggunakan Media Cetak
menurut saya sesuai untuk Kompetensi ( Memahami isi kandungan QS Al Insyiroh
dan QS Al Quraisy tentang ketentuan rizqi dari Allah ) agar tercapai tujuan
pembelajaran yaitu :
1.
Menerjemahkan QS. Al-Quraisy dan Al-Insyiroh
2.
Mencari ayat-ayat dalam QS. Quraisy dan Al Insyiroh
tentang ketentuan rizqi dari Allah
3.
Menjelaskan isi kandungan QS. Quraisy dan Al Insyiroh
4.
Langkah Pembuatan Media Pembelajaran
Media Pembelajaran
( Media Cetak )
v
Seorang guru tidak perlu membuat Media Cetak sendiri karena dalam pembelajaran
Al-Qur’an Hadits sudah ada buku cetak, Al-Qur’an atau buku-buku penunjang lain. Seorang guru dalam
pembelajaran nya tinggal mempersiapkan buku cetak, Al-Qur’an dan buku penunjang
lainnya agar siswa dapat meminjam dan mempelajarinya sehingga tujuan
pembelajarannya dapat tercapai sesuai dengan indikatornya.Karena dengan menggunakan media cetak dalam
pembelajaran Al-Qur’an Hadits ini sesuai dengan kompetensinya yaitu Memahami
isi kandungan QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari
Allah.
Dan Indikator :
v
Menerjemahkan QS. Al Quraisy dan Al Insyiroh
v
Memilih ayat-ayat dalam QS. Al Quraisy dan Al
Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
v
Menjelaskan isi kandungan QS. Al Quraisy dan Al
Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah.
Dalam
pembelajaran Qur’an Hadits ini aslinya banyak media yang bisa digunakan yaitu
v Media Audio Visual
v Media Proyektor
Menurut
saya lebih efektif menggunakan media cetak dalam pembelajaran Qur’an Hadits
karena dengan menggunakan media cetak ( buku cetak, Al-Qur’an atau
buku-buku penunjang lain) siswa lebih kreatif dalam mencari ayat-ayat
Al-Qur’an dan terjemahannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar