Nama : Fatin Khamamah
NIM : 3421010055
Prodi : Manajemen Pendidikan Islam
Kelas :
TA. A
Mata Kuliah : Media Pembelajaran
Dosen :
Rahmi Nuzulia, S.Ag., M.Pd.
1. Sekolah : SD Islam YMI
Wonopringgo 02
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas :
IV (Empat)
Semester :
Genap
SK :
Membaca surat-surat pendek
KD :
Membaca Q. S. Al Kautsar dengan lancer
Indikator :
Ø Membaca
Q. S. Al Kautsar ayat demi ayat dengan benar
Ø Membaca
Q. S. Al Kautsar keseluruhan ayat dengan benar
Ø Mendemonstrasikan
bacaan Q. S. Al Kautsar dengan benar.
2.
Media pembelajaran yang sesuai adalah
Lembar Kegiatan Siswa (LKS) atau CD pembelajaran yang memuat kompetensi
terseebut.
3. Pengertian LKS dan CD
pembelajaran:
a.
Lembar kegiatan siswa
(student worksheet) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Lembar kegiatan biasanya berupa petunjuk,
langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Suatu tugas yang diperintahkan dalam lembar
kegiatan harus jelas KD yang akan dicapainya.
Lembar kegiatan dapat digunakan untuk mata pembelajaran apa saja. Tugas-tugas sebuah lembar kegiatan tidak akan
dapat dikerjakan oleh peserta didik secara baik apabila tidak dilengkapi dengan
buku lain atau referensi lain yang terkait dengan materi tugasnya. Tugas-tugas yang diberikan kepada peserta
didik dapat berupa teoritis dan atau
tugas-tugas praktis. Tugas teoritis
misalnya tugas membaca sebuah artikel tertentu, kemudian membuat resume untuk
dipresentasikan. Sedangkan tugas praktis
dapat berupa kerja laboratorium atau kerja lapangan, misalnya survey tentang
harga cabe dalam kurun waktu tertentu di suatu tempat. Keuntungan adanya lembar kegiatan adalah bagi
guru, memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran, bagi siswa akan belajar
secara mandiri dan belajar memahami dan menjalankan suatu tugas tertulis.
Dalam menyiapkannya guru harus cermat dan
memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, karena sebuah lembar kerja
harus memenuhi paling tidak kriteria yang berkaitan dengan tercapai/ tidaknya
sebuah KD dikuasai oleh peserta didik.
Lembar kegiatan siswa akan memuat paling tidak;
judul, KD yang akan dicapai, waktu penyelesaian, peralatan/bahan yang
diperlukan untuk menyelesaikan tugas, informasi singkat, langkah kerja, tugas
yang harus dilakukan, dan laporan yang harus dikerjakan.
CD
pembelajaran adalah suatu media yang dirancang
secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam
pengembangan mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program
tersebut memungkinkan peserta didik menerima materi pembelajaran secara lebih
mudah dan menarik. Secara fisik CD pembelajaran merupakan program pembelajaran
yang dikemas dalam CD.
b. Alasan
penggunaan media pembelajaran tersebut adalah:
1)
Dapat digunakan sebagai alternatif guru
untuk mengarahkan pengajaran atau memperkenalkan suatu kegiatan tertentu.
2)
Dapat mempercepat proses belajar mengajar
dan hemat waktu mengajar.
3)
Dapat mengoptimalkan alat bantu
pengajaran yang terbatas karena siswa dapat menggunakan alat bantu secara
bergantian.
4)
Melatih siswa berfikir lebih mantap
dalam kegiatan belajar mengajar.
5)
Memperbaiki minat siswa untuk belajar,
misalnya guru membuat LKS/CD pembelajaran lebih sistematis, berwarna serta
bergambar untuk menarik perhatian dalam mempelajari LKS/CD pembelajaran
tersebut.
4.
Langkah pembuatan media pembelajaran
tersebut adalah:
a. Melakukan
analisis kurikulum; standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan materi
pembelajaran.
b. Menyusun
peta kebutuhan LKS/CD pembelajaran
c. Menentukan
judul LKS/CD pembelajaran
d. Menulis/membuat
LKS/CD pembelajaran
e. Menentukan
alat penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar