NIM :
34.2.1.01.10.009
Nama :
Uli Taslikhati M
Prodi :
Tarbiyah MPI
Kelas :
T1.A
Mata kuliah :
Media Penbelajaran
Dosen :
Rahmi Nuzulia S.Ag. MPD
- Jenjang : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
1 / Ganjil
Standar Kompetensi : Mendengarkan ”memahami bunyi bahasa,
perintah, dan dongeng yang dilisankan”
Kompetensi Dasar :
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Materi Pokok :
Dongeng
Indikator : Menceritakan kembali isi
dongeng dengan kata-kata sendiri
- Media Pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi media pembelajaran di atas adalah:
·
Media
Audio-Visual
·
Media
Cetak
- Media Audio-Visual adalah media yang cara menghasilkan atau menyampaikan materinya dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik (suara dan gambar).
Contoh: guru menggunakan VCD, kaset CD
Media cetak adalah media yang cara menghasilkan atau
menyampaikan materinya melalui percetakan mekanis atau fotografis.
Contoh: guru menggunakan buku cerita,buku
cetak dll
Alasan menggunakan media audio-visual
karena dengan menggunakan media tersebut
anak-anak tidak hanya mendengarkan guru bercerita tetapi anak-anak juga dapat
gambar-gambar yang didongengkan guru dengan begitu anak-anak seakan-akan masuk
dalam cerita tersebut sehingga anak-anak tidak merasa bosan.
Alasan
menggunakan Media cetak
Karena dengan media cetak anak-anak
diajarkan untuk belajar membaca agar nanti sewaktu-waktu anak-anak di beri
tugas untuk membaca anak-anak sudah bisa membaca.
Bukti-bukti
kongrit
·
Siswa
kelas 1 SD biasanya lebih senang guru bercerita sambil melihat gambar-gambar
yang diceritakan oleh guru dari pada hanya mendengarkan dengan menggunakan
media audio-visual seperti CD diharapkan anak-anak dapat memperhatikan guru.
·
Tidak
hanya media audio-visual saja media cetak juga sangat membantu guru dalam
memberikan tugas-tugas terhadap siswa, dengan media cetak siswa diharapkan agar
mengulang kembali apa yang diceritakan oleh guru dengan menggunakan buku yang
diberikan oleh guru.
4. langkah-langkah pembuatan media
pembelajaran menggunakan media cetak.
·
Guru
menyediakan buku pedoman yang dipakai dan mengajari cara membaca, bukan hanya
cara membaca tetapi guru juga menerangkan apa yang ada di buku tersebut.
Langkah-langkah menggunakan media audio visual
·
Guru
menyediakan CD dongeng yang akan
diceritakan terhadap siswa-siswa dan menggunakan media VCD sebagai perantara
nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar