Tugas Makul : Media
Pembelajaran
NIM : 34.2.1.0.10.035 Mata
Kuliah : Media Pembelajaran
Nama : Markus Dosen : Rahmi Nuzulia, S.Ag,M.Pd.I
Prodi : Manajemen Pendidikan Islam
Kelas : T1.A
Tentukan
Kompetensi Materi pelajaran :
Sekolah : SMP NU Pekalongan
Kelas : VIII ( delapan )
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Semester : 1 ( satu )
Standar
Kompetensi :
- Memahami permasalahan Sosial berkaitan dengan
pertumbuhan jumlah penduduk
- Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya.
Kompetensi
Dasar :
- Mendeskripsikan Kondisi fisik wilayah dan Penduduk
Indikator :
- Menunjukkan Letak geografis ( Posisi Geografis, letak
geografis ) Indonesia.
- Menganalisa Hubungan posisi geografis dengan Perubahan
Musim di Indonesia.
- Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan penduduk (
Kelahiran dan kematian )
2. Media pembelajaran agar tercapai tujuan Pembelajaran
1.
Media Instruksional
1.
Buku-buku
1.1.1.
Buku pelajaran IPS
1.1.2.
Peta Dunia
1.1.3.
Peta pembagian Wilayah waktu di Indonesia
1.1.4.
Peta Persebaran Penduduk Indonesia
1.1.5.
LKS
2.
Secara menyeluruh pola media pembelajaran terdiri atas
:
a.
Bahan-bahan Cetakan atau bacaan ( Suplementari
materials )
b.
Alat-alat Audio –Visual
(1)
Media tanpa Proyeksi, seperti : Papan tulis, papan
tempel bagan, diagram, poster,karton, gambar, dll.
(2)
Media Pembelajaran Tiga dimensi
(3)
Media pembelajaran yang menggunakan teknik atau masinal
al : Slide, film strip, OHP, Rekaman radio, televisi, laboratorium, komputer.
3.
Dalam menjelaskan materi sesuai dengan kompetensi yang
ditentukan media yang harus disediakan
al:
1.
Adanya buku-buku paket
2.
Pengertian media-media yang digunakan adalah al:
a.
Peta; dapat diartikan sebagai gambaran sebagian atau
seluruh wilayah permukaan bumi dengan berbagai penampakanya pada suatu bidang datar
yang diperkecil menggunakan skala tertentu ( Gunawan,2003)
b.
Atlas pendidikan; yang dapat member gambaran yang jelas
dan mudah diingat tentang pola persebaran fenomena geografi fisik dan geografi
manusia.
c.
Globe ; adalah Gambaran bumi secara keseluruhan yang
paling benar dan merupakan suatu cara yang paling baik untuk memberikan
gambaran dari konsep bumi bulat.
d.
Media Presentasi; adalah : Pesan atau materi yang di
kemas dalam sebuah program komputer yang di hubungkan dengan perangkat
proyektor.
1.1.Kriteria
pemilihan media pembelajaran harus diupayakan sesuai dengan tujuan yang ingin
di capai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan
sifat-sifat khas (karakteristik) yangbersangkutan.
Yang paling utama adalah: media
harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin di
capai.
4.
Tentukan lagkah-langkah pembuatan media pembelajaran
-
Tentukan sesuai dengan materi yang akan disampaikan
-
Siapkan materi yang sesuai dengan tujuan yang telah di
rumuskan.
-
Tulis materi dalam kalimat yang singkat dan hanya
memuat poin-poinnya saja.
-
Tuangkan pesan-pasan yang di sampaikan dalam berbagai
format seperti; teks, gambar, animasi, atau audio visual.
-
Materi di tulis jelas, lengkap, mudah di fahami oleh
sasaran.
Sajikan materi secara urut, utuh, dan sistematis agar
mempermudah penyajian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar