Sabtu, 12 Mei 2012


BAGAIMANA CARA MENERAPKAN MEDIA PEMBELAJARAN 
PADA  MATA PELAJARAN FIQIH
Oleh : Zainal Abidin Nasri
NIM : 3421010.004

  • Kita tentukan dulu SK/KD dan Indikatornya, umpamanya untuk FIQIH kelas VIII semester satu  materi pembelajarannya yaitu SUJUD SYUKUR, maka bisa kita tentukan :
a.       Standar Kompetensinya                       : Melaksanakan tata cara sujud diluar salat
b.      Kompetensi Dasarnya                          : Menjelaskan ketentuan sujud syukur
c.       Indikator yang ingin dicapai adalah :
1)      Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dalilnya
2)      Menjelaskan sebab-sebab sujud syukur
3)      Mempraktekan sujud syukur
  • Media pembelajaran yang kita perlukan dan fungsinya :
a.       Sumber pembelajaran atau sumber pustaka
1)      Al-Qur’an dan hadis terjemahan
Fungsinya untuk menggali sumber hukum,  karena amalan ibadah harus ada dasar hukumnya dan sumbernya adalah Al-Qur’an dan hadis. Dan tidak cukup hanya itu, tetapi kita juga harus paham arti terjemahanya. Oleh karena itu kita gunakan Al-Qur’an dan hadis terjemahan.
2)      Buku paket pembelajaran Fiqih kelas VIII
Fungsinya sebagai acuan untuk mencapai indicator diatas. Oleh karena itu kita harus punya buku pegangan yang kita gunakan, tetapi untuk mencapai hasil yang lebih maksimal paling tidak kita punya tiga buku sebagai pembanding yang kita kaji dari berbagai sumber.
b.      Alat
1)      Computer / laptop
Untuk mengolah data-data pembelajaran yang kita sampaikan baik berupa  materi pembelajran, video/ rekaman VCD tentang sujud syukur, serta untuk memudahkan dalam proses pembelajaran agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik.
2)      LCD
Untuk memproyeksikan dan mengfisualisasikan data atau materi pembelajaran  dari computer ke layar lebar sehingga bisa dilihat oleh seluruh peserta didik.
3)      Speaker aktif 
Berfungsi sebagai pengeras suara yang kita hubungkan ke computer sehingga materi yang berupa audio bisa didengar oleh seluruh peserta didik, terutama  doa-doa yang dibaca ketika melakukan sujud syukur.
4)      VCD / Video tentang sujud syukur
Yaitu media yang berupa audio visual yang berfungsi untuk menggambarkan dan mempraktikan cara-cara melakukan sujud syukur dari awal hingga akhir serta bacaan doa-doanya.
  •  Langkah-langkah pembelajarannya
a.       Mengkaji dari berbagai sumber pustaka tentang sujud syukur. yaitu pembahasan awal tentang pengertian, hukum dan dalil-dalilnya. (medianya adalah buku-buku kajian diatas yang telah proses dalam komputer dalam bentuk power point)
b.      Berdiskusi untuk mengkaji lebih dalam tentang sujud syukur  (medianya adalah buku-buku kajian sebagaimana di atas)
c.       Mempresentasikan hasil kajian diskusi kelompok 
d.   Menyimpulkan materi pelajaran
e.      Mendemonstrasikan sujud syukur lewat Video/VCD (media Audio visual)
f.        Menghafal doa sujud syukur (media Audio)
g.        Mempraktikan secara bersama-sama di musholla atau masjid
 

Sumber pustaka :
Perangakat pembelajaran mata pelajaran Fiqih kelas VIII semester satu  MTsS Simbang Kulon I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar