Kamis, 31 Mei 2012


NIM       : 34.2.1.0.10.065                                Mata Kuliah        : Media Pembelajaran
Nama    : SYAKIROH                                         Dosen                   : Rahmi Nuzulia, S.Ag., M.Pd
Prodi     : Tarbiyah                                            Ruang                   : T1.A
Kelas     : T1.A                                                     Tanggal                 : 30 April 2012

1.       Madrasah Tsanawiyah
Kelas/Semester                :     VII/II
Mata Pelajaran                  :     IPA
Standar Kompetensi       :     Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar            :     melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotic dan abiotik
Indicator                               :     -     Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek   abiotik melalui pengamatan
-          Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotic melalui pengamatan.

2.       Media yang digunakan:
·         Cetak
·         Visual
·         Alam terbuka (lingkungan)
·         Verbal

3.       A.   Media cetak yaitu buku pelajaran mata pelajaran IPA Kelas VII
        Media Visual yaitu ucapan yang berguna sebagai pengarahan tentang pembelajaran tantang gejala alam biotic dan abiotik.
        Media lingkungan yaitu media yang dapat diketahui secara langsung dengan mengadakan observasi.
B.    alasan penggunaan media
a)      Dengan media cetak, siswa dapat memperoleh teori gejala alam biotic dan abiotik, sehingga jika siswa itu lupa dapat dilihat kembali di media cetak.
b)      Media visual, siswa dapat melihat gambar-gambar yang berhubungan dengan biotic dan abiotik.
c)       Media verbal, untuk mengantarkan di dalam proses pembelajaran.
d)      Media lingkungan, agar peserta didik lebih memahami dan lebih jelas.

4.       Langah-langkag memperoleh media pembelajaran:
1)    Media cetak diperoleh dari sekolah yang dipinjamkan siswa satu-satu
2)    Menggambar benda-benda mati (abiotik) dan biotic (makhluk hidup)
3)    Alam terbuka/lingkungan sudah tersedia di halaman sekolah. Siswa keluar kelas untuk observasi langsung gejala-gejala yang ada pada biotic maupun abiotik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar