Selasa, 15 Mei 2012


Mata kuliyah      : Media Pembelajaran                          
Dosen                : Rahmi Nuzulia.S,Ag.M,Pd
Nama                : HASAN                                              Kelas     : T. I . A
NIM                  : 34.2.1.0,10.023                                  Prodi     : MPI/Tarbiyah
       
1.       Kompetensi materi pelajaran yang diajarkan
 Mata pelajaran        : Alqur’an – hadits
 Kelas                      : VIII  MTs
 Semester                 : ganjil
            SK               : Membaca  Alqur’an surat surat pendek pilihan
KD               : Menerapkan hukum bacaan mad lain , mad aridl lissukun dalam surat al kautsar  dan surat al maun             
Materi            : Hukum bacaan mad lain  dan mad aridl lissukun
Indicator         -Menjelaskan hukum bacaan mad lain dan mad aridl lissukun
                       -Mengidentifikasi mad lain dan mad aridl lissukun
                       -Mengaplikasikan bacaan mad lain dan mad aridl lissukun

2.       Media yang sesuai yang digunakan untuk materi ini
 -          Media cetak               : Visual gambar
-          Media elektronik         : Audio, visual, audio visual
-          Suara manusia

3.       Pengertian  dari media tersebut  dan apa alasan media itu digunakan
Pengertian
Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indra penglihatan , biasanya berupa gambar diam, sedangkan pada jenis media elektronik bisa dibuat diam dan bisa dibuat gambar bergerak .
Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk suara dimana suara tersebut dapat merangsang fikiran , perasaan , perhatian, dan kemauan peserta didik untuk mempelajari bahan ajar.Pada media audio ini hanya dapat dihasilkan dalam jenis media elektronik misalnya radio , radio kaset, VCD dan sebagainya.
Sedangkan Media audio visual adalah media yang merupakan gabungan /kombinasi dari media audio dan media visual. Contoh media ini  televise pendidikan, program slide suara .
Suara manusia merupakan bentuk media pembelajaran yang selalu  dan pasti digunakan oleh seorang pendidik dalam  berbagai kegiatan pembelajaran setiap hari

Adapun alas an mengapa media media tersebut digunakan adalah:
Utuk menyampaikan materi bacaan Mad aridl lissukun  dan Mad lain ,peserta didik harus mendengar langsung contoh ucapan atau suara  lafadz – lafadz bacaan mad aridl lissukun  dan mad lain dalam al qur’an , baik dari suara asli dari pendidik (suara manusia yang menjadi sumber belajar ) atau suara  yang di kemas dalam media audio
Di saat yang lain  pendidik hanya menampilkan contoh tulisan dari lafadz lafadz tersebut dalam bentuk diam tanpa ada  suara .Seorang pendidik mengajak peserta didik untuk melafadzkan tulisan tulisan yang ada secara bersama maupun secara individu.
Untuk melengkapi metode pembelajaran ini maka ditampilkan media audio visual yang merupakan kombinasi dari 2 media tsb. Sehingga anak didik dapat memahami dan mempraktekkan bacaan mad aridl lissukun dan mad lain baik secara tulisan maupun cara membacanya lewat suara.

4.       Langkah – langkah pembuatan media pembelajaran tersebut adalah :
a.       Menyiapkan materi pelajaran yang akan dibahas  yaitu tentang bacaan mad aridl lissukun dan mad lain lengkap dengan metode yang akan dipakai dan juga  media yang diperlukan untuk materi tersebut.
b.      Menyiapkan contoh contoh lafadz bacaan mad aridl lissukun dan mad lain yang diambil dari al qur’an sebanyak banyaknya.
c.       Contoh contoh lafadz tersebut ditulis dalanm computer dan dimasukkan  pada power poin  untuk dapat ditampilkan hanya dalam bentuk gambar diam ,dan seorang gurunya akan melafadzkan bacaan bacaan tersebut langsung dari mulut guru, dan peserta didik disuruh menirukan .
d.      Pada slide yang lain dimunculkan ulang  tapi sudah disertai dengan isi suara , sehingga peserta didik dapat melihat sekligus bisa mendengar bacaan mad aridl lissukun dan mad lain secara pas dan benardan bisa mencocokkan bacaan miliknya sendiri.
e.      Langkah langkah dalam persiapan ini harus dicoba dirumah sendiri untuk memastikan tidak ada kekurangan lagi ,juga untuk menyiapkan peralatan yang diperlukan berkaitan mesin elektroniknya.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar