Selasa, 15 Mei 2012


NAMA            : MAGHFIROH
NIM                 : 34.2.1.0.10.070
PRODI            : MPI TARBIYAH
KELAS            : TA.1
MAKUL          : MEDIA PEMBELAJARAN
DOSEN          : RAHMI NUZULIA, S.Ag.M.Pd 1.

1.          Nama madrasah :  MI YMI Wonopringgo 03
Mata pelajaran   :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/semester     :  III/I

kompetensi dasar:
menceritakan kondisi alam sosial dan perekonomian masyarakat arab pra-islam

indikator :
Ø  Menceritakan kondisi alam sosial dan perekonomian masyarakat arab pra-islam
Ø  Menjelaskan keadaan adat istiadat dan kepercayaan masyarakat arab pra-islam
Ø  Mengambil hikmah dari sejarah masyarakat arab pra-islam

2.         Agar terapai tujuan pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam maka media pembelajaran yang digunakan adalah melelui media cetak dan media audio visual.

3.           
a)     Media  cetak yang digunakan adalah berupa buku teks bacaan yang diberikan kepada siswa agar siswa dapat membacanya, sehingga siswa diharapkan dapat menceritakan kembali apa yang dibacanya, sebagai tolak ukur tingkat pemahaman siswa tersebut.

Sedangkan media audio visual yang digunakan adalah berupa penayangan gambar atau vidio tentang kondisi alam sosial dan perekonomian masyarakat arab pra-islam melalui proyektor.

b)     Alasan digunakanya media cetak dan audio visual sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah kebudayaan islam adalah karena mata pelajaran sejarah kebudayaan islam biasanya diajarkan melalui metode bercerita yang disertai dengan tanya jawab dan pada umumnya anak-anak akan lebih cepat memahami dan mudah mengingat sesuatu yang berupa gambar atau tayangan yang menarik. Oleh karena itu, dengan banyak membaca dari buku teks bacaan dan melihat tayangan gambar atau vidio tentang kondisi alam sosial dan perekonomian masyarakat arab pra-islam melalui proyektor, terbukti siswa lebih mudah memahami pelajaran, dapat menceritakan kembali dan dapat menjawab pertanyaan.

4.         Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah dengan memilih buku teks bacaan dari berbagai penerbit yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang ada untuk dibagikan kepada siswa, dan kemudian siswa diminta untuk membacanya dirumah, lalu dilkukan pula pencarian vidio atau gambar-gambar tentang kondisi alam sosial dan perekonomian masyarakat arab pra-islam yang kemudian di tayangkan melalui proyektor dikelas, setelah itu siswa diminta untuk menceritakan kembali di depan kelas secara bergantian disertai tanya jawab dari guru dan murid tersebut, jika murid tersebut dapat bercerita dan menjawab pertanyaan dengan baik berarti siswa telah dapat memahami pelajaran dan lulus uji kompetensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar