Minggu, 06 Mei 2012

NIM : 34.2.1.0.10.042 Nama : FAIQOTUL HIMMAH Prodi : Tarbiyah MPI Kelas : T1.A Tanggal : 30 April 2012 Makul : Media Pembelajaran Dosen : Rahmi Nuzulia, S.Ag., M.Pd jawaban tgs uts!!!!! 1.Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas/Semester : 5 (lima) / II (dua) Standar Kompetensi : Mengelola dokumen secara kreatif dengan mengintegrasikan gambar dan icon pendukung. Kompetensi Dasar : Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung wordart. Materi Pokok : Membuat teks bergambar dan wordart. Indkator : - Mengidentifikasi icon dan menu untuk menyisipkan gambar. - Mengatur ukuran dan posisi gambar yang telah disisipkan. - Mengidentifikasi icon-icon pendukung pada drawing wordart. - Mengidentifikasi kotak dialog wordart. - Mendemonstrasikan menyisipkan gambar pada teks. - Membuat poster sederhana bertemakan “Lingkungan yang Bersih dan Sehat”. 2. Media pembelajaran yang sesuai dengan SK/KD Mapel TIK tersebut di atas adalah audio visual dab proyek visual diam-audio. 3.a. Media Pembelajaran audio visual adalah alat pembelajaran dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik dalam menyampaikan pesan-pesan audio visual. Misalnya peserta didik diperlihatkan gambar mengenai icon pendukung wordart yang dipaparkan melalui penjelasan dari guru. Media pembelajaran proyek visual diam-audio merupakan alat pembelajaran yang dapat digunakan dengan memberikan slide bersuara. Misalnya guru menampilkan powerpoint disertai suara sebagai penjelas materi. 3.b. Dalam Sk/KD di atas, media pembelajaran yang digunakan adalah audio visual dan proyek visual diam-audio karena gabungan dari keduanya (melihat dan mendengar) akan mudah diingat dan diserap oleh peserta didik. Dalam hal ini kemempuan mengiangat anak dalam 3 jam melalui media audio visual adalah 85% dan setelah 3 hari berkurang menjadi 65%. Sehingga diharapkan anak mampu mencapai indikator-indikator yang telah ditentukan dalam SK/KD tersebut. 4.Langkah-langkah pembuatan media pembelajarannya: a. Membuat powerpoint yang berkaitan dengan materi, sehingga lebih mudah dan terstruktur. b. Mempersiapkan gambar-gambar icon sesuai dengan materi. c. Mempersiapkan sebuah vidio yang dapat membantu menerangkan materi pelajaran. Adapun langkah-langkah media pembelajarannya: a. Mengenalkan, menunjukkan, memberi pengertian dan fuungsi tentang icon-icon yang digunakan dalam menyisipkan gambar. b. Memberikan contoh/cara mengatur ukuran dan posisi gambar. c. Mengenalkan, menunjukkan, memberi pengertian dan fungsi tentang icon-icon pendukung pada drawing wordart. d. Peserta didik dusuruh untuk mempraktekkan cara menyisiokan gambar pada teks seperti yang telah diajarkan. e. Peserta didik disuruh untuk membuat poster dengan pengarahan dari guru. f. Evaluasi pembelajaran. g. Penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar